Jumat, 27 Januari 2017

Cara Menjadi Lebih Pintar dari Anda Yang Sekarang

Pernahkah Anda merasa kurang cerdas di sekitar orang lain? Apakah Anda malu ketika tidak bisa menjawab sebuah pertanyaan? Setiap orang pernah mengalami hal ini di saat dia merasa seperti tidak tahu apa pun. Tentu saja, Anda tidak mungkin mengetahui segalanya. Walaupun demikian, tidak peduli seberapa cerdasnya Anda sekarang, Anda bisa mulai menjadi lebih cerdas lagi hari ini dengan secara aktif berfokus meningkatkan kemampuan yang membangun kecerdasan.


Tingkatkan daya ingat. Sering kali, yang dianggap sebagai kecerdasan merupakan kemampuan untuk mengingat dengan baik. Anda dapat meingkatkan kemampuan menyimpan dan mengingat ingatan-ingatan dengan berbagai cara, termasuk menggunakan jembatan keledai dan lebih memperhatikan detail.

Kembangkan rasa ingin tahu. Bagaimana bisa sebagian orang tahu begitu banyak hal? Ingatan yang baik hanyalah sebagian jawabannya: Anda harus punya rasa ingin tahu. Jika Anda puas menjalani hidup dengan sedikit atau tanpa pemahaman sama sekali mengenai hal-hal yang belum Anda kenal, Anda tidak akan banyak belajar. Usahakan secara sadar untuk lebih ingin tahu dengan mengingatkan diri sendiri bahwa meningkatkan keingintahuan akan melebarkan jangkauan Anda dan membuat Anda lebih cerdas.

Latih pikiran Anda dengan cara-cara berbeda. Kebanyakan dari kita mahir dalam melakukan hal-hal yang kita kuasai secara alami dengan melakukan aktivitas sehari-hari. Tantang diri Anda untuk belajar kemampuan baru atau untuk berpikir dengan cara berbeda, dan Anda akan benar-benar jadi lebih cerdas. Pilih sesuatu yang ingin Anda pelajari (memainkan akordeon, misalnya) atau mata pelajaran yang kurang Anda kuasai (mungkin matematika) dan berfokuslah pada hal itu. Pada awalnya, Anda akan merasa tidak nyaman dan bahkan merasa jadi lebih bodoh dibanding sebelumnya, namun bila Anda belajar dan latihan dengan rajin, Anda akan lebih percaya diri, dan menciptakan hubungan baru dalam pikiran Anda.


Belajarlah dengan lebih efektif. Jika Anda mendapati diri tidak mampu menjawab pertanyaan dari guru atau dosen, atau jika Anda mendapat nilai buruk dalam ujian, mungkin Anda kurang belajar. Bahkan sekalipun Anda belajar banyak, meningkatkan “cara” yang Anda tempuh dalam belajar akan membuat perbedaan besar.

http://id.wikihow.com/Menjadi-Lebih-Pintar-dari-Anda-Yang-Sekarang

Artikel Terkait