Jumat, 27 Januari 2017

Cara Menjadi Pintar


Cobalah untuk mendidik diri sendiri. Ingatlah bahwa pendidikan bukanlah sesuatu yang dipaksakan pada diri Anda di sekolah hanya demi gelar dan ijazah, melainkan sebuah pemahaman akan dunia di sekitar Anda. Orang-orang yang secara alami merasa ingin tahu berhenti memiliki pertanyaan pada saat mulai sekolah. Tetapi orang-orang dengan otak yang benar-benar cerdas selalu mempertanyakan dunia mereka dan mencoba memahaminya. Itulah rahasia menjadi seorang jenius.

  • Cobalah untuk belajar sendiri. Anda bahkan bisa belajar dari pengalaman hidup Anda, yang terkadang disebut “unschooling” (non-sekolah).
Bangunlah kosakata Anda. Gunakanlah beberapa definisi dari kamus setiap harinya, atau berlanggananlah layanan daring “satu kata per hari”. Anda juga bisa mengerjakan tes-tes di Reader’s Digest atau membeli buku untuk meningkatkan kosakata sehari-hari Anda. Bacalah kamus satu per satu kata. Hal ini memakan waktu setidaknya satu tahun tetapi Anda akan berkembang secara intelektual.

Bacalah berbagai macam jenis buku. Banyak membaca seringkali digambarkan sebagai rahasia menuju kecerdasan. Orang-orang terpintar di dunia cenderung membaca setiap harinya. Anda mungkin tak selalu menikmatinya, tetapi membaca akan membuka pikiran Anda terhadap berbagai ide dan pengalaman baru. Bacalah buku yang berbeda-beda dari dari semua bidang.

Didiklah diri Anda tentang dunia sekitar Anda. Kembangkanlah ketertarikan dalam bidang seperti kejadian-kejadian terkini, fakta-fakta menarik, kutipan-kutipan menarik dan lucu, buku dan film yang bagus, penelitian ilmiah dan penemuan menarik. Televisi pendidikan adalah cara yang hebat untuk belajar. Belajar berpikir kritis tentang dunia sekitar Anda dengan menyadari sebab-akibat suatu kejadian akan membuat Anda lebih pintar.
  • Jika Anda bisa membaca lebih cepat daripada berbicara, akan jauh lebih efisien membaca buku, terlebih lagi dokumen elektronik non-linear seperti wiki daripada menonton acara untuk umum namun kurang tepat bagi yang orang-orang yang sangat menuntut secara intelektual atau yang ingin belajar dari video pendidikan. Iklan televisi pada khususnya buruk karena tujuan utamanya adalah membuat Anda tetap menonton TV dan iklan-iklannya, bukannya memuaskan Anda agar Anda bisa melakukan hal lain.
http://id.wikihow.com/Menjadi-Pintar

Artikel Terkait

Newest Post